Berhijab

8:42 AM

Style berhijab makin kesini makin oke aja ya... Seneng saya lihatnya. Bahkan banyak pekerjaan-pekerjaan yang dulunya masih jarang perempuan pakai hijab eehh malah sekarang rame-rame musimnya berhijab. Eh, tapi jangan dibilang musim ah nanti ganti-ganti doang. Semoga tetap bertahan seperti ini. Berhijab yang baik, kalau kata saya sih yang nggak ala-ala. Sesuai style masing-masing aja. Kalau yang suka simple ya simple pakai pashmina atau kerudung segi empat. Kalau ada yang suka pakai khimar ya pakai khimar. Selama yang pakai itu nyaman ya nggak masalah.

Tenang-tenang... saya nggak mau buka kajian kok, sadar saya tuh ilmunya masih cetek. Hihihi.. Mau cerita-cerita aja. Ngomong-ngomong tentang berhijab, pasti temen-temen juga punya perjalanan panjang atau cerita masing-masing saat memutuskan untuk berhijab. Ada yang memang sedari kecil diajari berhijab oleh orang tuanya.. Ada juga karena awalnya tuntutan sekolah.. Ada juga yang tiba-tiba pengen pakai aja, kayak saya! Hahaha.. Tiba-tiba. IYA! Tiba-tiba..

Orang tua saya mengajari saya agama dengan kadar yang cukup tanpa memaksa-maksa. Termasuk masalah berhijab. Belum pernah Bapak atau Ibu saya maksa sekolah harus pakai jilbab, keluar pakai jilbab, nggak pernah. Pokoknya pakai pakaian yang sopan saja. Tapi, yaa... namanya anak muda saya tuuuuhh sering banget pakai baju yang ketat-ketat. Atau pakai rok-rok gitu. Paling Bapak saya cuma nyindir... "Pakai baju kok kaya lepet to Mbak.." pasti pada nggak tahu ya lepet itu apa.. Cepet cek di google!

Sekolah saya juga termasuk sekolah yang siswinya banyak berhijab. Mungkin hanya emm.. maksimal lima anak perempuan di kelas yang tidak berhijab termasuk saya. Nggak tahu kenapa dulu tuh masih belum pengen aja. Masih pengen pakai rok-rok, masih doyan nata rambut, kunciran macem-macem wkwkwk dan sayang banget sama poni sendiri. Udah kayak trademark gitu, kalau Mita itu ya berponi. Trus, saya dulu itu juga sempet punya cita-cita pengen jadi pramugari. Sayangnya harus balik kanan grak gara-gara mata minus.

Baju muslim atau pakaian lengan panjang milik saya juga dikiiiiit banget, paling bisa dihitung jari. Saking dikitnya kalau ada acara Pesantren Kilat saya jadi bingung mau pakai baju apa soalnya baju muslim zaman kecil kan udah nggak muat dipake lagi. Tapi beberapa kali di luar paksaan, tiba-tiba saya keluar pakai hijab. Tapi habis itu dicopot lagi. Kadang pakai cuma pengen nyoba aja, pantes nggak sih.. cocok nggak sih.

Pernah juga, gara-gara saya deket sama senior di sekolah. Kami janjian belajar bareng, kayaknya sih dulu nggak berdua. Sama satu temen perempuan juga janjiannya. Teman saya itu sudah pakai hijab sejak lama, tiba--tiba saya pengen aja pakai hijab. Dan.... datanglah sesuai waktu dan tempat yang sudah disepakati. Saya pakai hijab! Tanggapan senior saya itu "Dek, kamu mirip timun diblongsongi kalau pakai jilbab......" What the...................... (diblongsongi = dibungkus/dilapisi) Ya... saya kan jadi sebel! Jadi males!

Sampe akhirnya naik kelas tiga SMA. Selama bulan puasa saya ikut tadaruz di RT saya jadi hampir tiap hari pakai hijab, dan rasanya jadi terbiasa aja. Sampai akhirnya lebaran tiba. Dan.... mudik pun tiba. Malam demi malam saya nggak bisa tidur. Dan tiba-tiba kepikiran, udah mau masuk sekolah, udah nggak bulan puasa lagi kok tiba-tiba udah terlanjur nyaman pakai hijab.

"Eh... apa iya? Iya nggak ya?"

"Saya mau berhijab ah!"

Tiba-tiba. 

Tanpa curhat ke siapa-siapa.

Sepulang mudik saya menghubungi sahabat saya, saya bilang saya mau berhijab. "WHAAAAAAAAAAAAAAT??" Dia kaget setengah mati. "Buat apa!" Nggak percaya. SMA tinggal kurang dari tiga bulan dan sekarang saya minta dia temenin saya nyari seragam sekolah baru. Mulai dari Osis, seragam identitas, sampai seragam olahraga. Sahabat saya ini malah orang pertama yang menentang saya berhijab. Katanya....

"Kitaaa masih muda.."

"Kamu kelihatan tua kalau berhijab.."

"Nggak cakep.."

Sampe-sampe dia minta tolong Kakak perempuannya buat mempengaruhi saya biar nggak jadi pakai hijab hahahaha.

Saya masih belum cerita ke orang tua saya bahwa saya mau berhijab. Kekekekke.. Saya masih usaha nyari-nyari seragam pinjaman dari senior karena waktu yang tidak memungkinkan untuk jahit seragam sendiri mengingat libur lebaran on the way berakhir. Dan gimana tanggapan mereka saat tahu saya pakai hijab?

"Mbak, emang upacara sekolahmu wajib pakai hijab gitu?" What............... mereka pikir saya pakai hijab karena aturan sekolah, oke thx. Hemmm.. 

Nggak sampai disitu. Sahabat saya juga jadi jengkel sama saya gara-gara dandan saya makin lama sejak berhijab. Katanya.... "Nunggu kamu dandan bisa dipake buat umroh!!!! Lama banget!" Hahahah ini sih salah saya.

Pas sampai sekolah... Wow.. Teman-teman saya kaget. Guru-guru banyak yang memberikan selamat kepada saya. Aneh juga rasanya mendapat ucapan selamat karena berhijab. Mungkin ungkapan selamatnya seperti "Welcome to the club... hijab girl.." Hahahaha

Alhamdulillah teman-teman perempuan banyak yang membantu. Ketemu si A di lorong bantu benerin jilbab, ketemu B di depan kelas dibantu lagi... ketemu C eee lagi-lagi dibantu. Serasa bawa stylish pribadi ke sekolah!

Kalau sekarang diingat-ingat jadi ketawa-ketawa sendiri... Dan sampai sekarang kalau ditanya kenapa pakai hijab, saya masih bingung jawabnya. Intinya karena pengen dan nyaman. Bukan karena disuruh dan bukan karena mau nyari pahala. Entahlah.......... Hahahaha...




You Might Also Like

4 comments

Subscribe