Gagal Move On dari Youth Adventure Day 2017

10:43 PM

Siapa sangka sepulang dari Pare dua bulan yang lalu gue dapet kabar dari salah satu peserta Youth Adventure Day 2017 kalau gue lolos seleksi dan masuk dalam daftar Main Participants. Wohooooo!

Ke Jogja? 

Ngecamp?

Ketemu banyak temen baru dari berbagai daerah? 

Happiness in one package lah!

Walaupun duit nipis sepulang dari Pare dan lagi pengen-pengennya perawatan kulit karena menghitam (ya aslinya udah hitam juga sih) gue tetep nekad ikut. Gak mau pusing-pusing, akhirnya pakai SBP alias Sponsor By Parents. Hahaha. LOL. Gue jelasin tuh gimana acaranya, apa manfaatnya, butuh dana berapa... Awalnya Bapak nggak setuju apalagi waktu itu lagi rame kasus mapala UII dan Youth Adventure Day juga kegiatan di alam. Tapi gue berusaha yakinin. Dan yap! memang kalau jodoh nggak kemana. Seminggu setelah masuk kuliah, salah satu dosen butuh surveyor buat penelitiannya di Kebumen, nah! gabung deh gue. Dapet honor deh!

Biar bener-bener "Adventure", gue dan sebagian Main Participants dari Undip memutuskan untuk berangkat menggunakan motor. Asli 2017 adalah tahun dimana gue menjadi semakin dewasa. Alah alay!

Berangkat sore dan sampai Jogja sekitar jam 8 malam. Gue istirahat di kosan temen SMA di daerah Sanata Dharma. Paginya, gue sempetin jalan-jalan dulu di Malioboro untuk nyari sarapan, dan... Taddaaaa! Nggak sengaja ketemu sama salah satu Main Participant dari Kalimantan Timur, Kak Hirzi dan Bella. Dunia emang sempit guys!

Dan dimana ada pertemuan, disitulah terbit sebuat foto......



Acara dimulai dengan kumpul di Balai Kota Jogjakarta setelah solat Jumat. Kita ngumpul berdasarkan kelompok gunung masing-masing, dan gue masuk kelompok Gunung Latimojong, hayooo siapa yang tahu Gunung Latimojong dimana? Wkwkwk

Latimojong Squads bersama Kakak tutor tercintah!

Setelah semua peserta ngumpul, kita berangkat ke Kebun Buah Mangunan. Caww! Perjalanan memakan waktu sekitar satu jam. Sesampainya di Kebun Buah Mangunan ada Opening Ceremony dari panitia.


This is why they called me Miss "cold face" maybe

Perkenalan panitia

Ikrar YAD 2017


Opening Ceremony selesai sekitar maghrib dan kita langsung siap-siap bangun rumah tangga, eh bangun tenda karena cuaca yang mendung dan mulai gerimis. Lalu ishoma sampai jam 8 malam. 

Acara selanjutnya yaitu Inspirational Session yang mendatangkan pembicara dari peserta YAD tahun lalu. Ada Kak Monic dan Kak Billy.


write down our dreams
find me!
Kegiatan ini semacam sharing kiat-kiat mencapai tujuan yang pengen kita capai. Banyak banget cerita, pengalaman, pemikiran temen-temen yang bisa dijadikan emm.. semacam pertimbangan dan yang pasti antar sesama peserta saling menularkan energi positif yang bikin kita tambah semangat. *Tapi boong, dikit*

Kegiatan selesai sekitar jam satu dini hari, daaaaaan karena tenda kelompok gue basah, mrembes karena hujan, akhirnya gue tidur di Aula tengah bareng temen-temen lainnya. Udah nggak usah dibayangin kayak apa! Mirip ikan yang lagi dijemur pokoknya.. Hahahah tapi itu nilai kebersamaannya...



Pagi harinya, yup! Yang ditunggu-tunggu yaitu Adventure Session. Kita dibagi-bagi lagi dalam kelompok yang baru. Dan gue masuk di kelompok Embeekkk alias Kambing.



Di Adventure Session ini, kita ditantang untuk tracking kurang lebih sejauh 12 kilometer, mulai dari jalan yang bisa dilewatin kendaraan, masuk-masuk ke jalan kecil, masuk ke jalan setapak, naik bukit, nglewatin sungai, turun bukit pokoknya muterin Imogiri deh!

Semalam sebelumnya hujan turun deras, jadi bisa lo bayangin gimana bentuk jalanan yang kita lewatin. Becek! Berlumpur sampai beberapa dari temen sekelompok gue sol sepatunya hancur. Ada juga Dek Fitri yang berkali-kali kepleset karena jalan yang benar-benar licin.

Sepanjang perjalanan, kita juga punya misi yaitu mengisi kertas dengan arsiran dan warna sesuai perintah yang tertulis di kertas yang kita temui sepanjang perjalanan.




Puncak Kebun Buah Mangunan. Yeay!




Imogiriiiiiiiiiii!!!!



Muka-muka bahagia setelah menyelesaikan misi

Jumat, Sabtu, Minggu rasanya cepet banget... Yap! Di hari ketiga ada Outbound Session dan kita dibagi ke dalam kelompok baru lagi. Ada empat pos dan gamesnya bener-bener asik banget! Tapi kalau Ibukku tahu bisa ngelus dada. Hahahah....

my outbound team


Trust Fall
Team Gak Takut Kotor

Kok gue kayak nenek-nenek ya?
 






Dream Planning Workshop merupakan acara inti dari kegiatan Youth Adventure Day ini. Kita diberi motivasi, keyakinan bahwa kita harus BERANI BERMIMIPI BESAR dan bertanggungjawab terhadap mimpi tersebut untuk mewujudkannya. Apa yang ingin kita lakukan untuk negara kita, kontribusi apa yang bisa kita berikan. Kita mengikrarkannya disini...

Selanjutnya firewalk. Disini, satu per satu dari kita berjalan diatas bara api lalu menyebutkan mimpi kita dengan lantang. Nggak ada yang salah dengan bermimpi besar, mungkin dengan banyak orang yang tahu, salah satu dari mereka malah bisa menjadi reminder untuk kita ketika kita lelah nanti..

Jangan tanya gue dimana, NGUMPET!
muka-muka bahagia setelah dapet kado
Setelah bersih-bersih dan beres-beres, kita kumpul lagi dengan kelompok Gunung yang sudah dibagi dari awal... dan kita bertukarrrr Kadoooooooo yihaaaa!!!

Gue masih inget, dari SD sampe SMA sebel banget sama yang namanya kegiatan di alam, selalu gak sabar pengen pulang kalau ada kemah. Hahaha... Selalu minta ortu untuk bikinin surat izin kalau ada kegiatan pramuka *dan ortu gue juga dukung* LOL. Tapiiii.. YAD ini sumpah nggak kerasa banget, serasa baru kemarin ke Jogja, baru kemarin hari Jumat, baru kemarin mau tidur di tenda tapi gagal terus. Eh nggak taunya udah Minggu aja. Udah harus balik aja. Pokoknya YAD 2017 GOKIL ABIS!


You Might Also Like

2 comments

  1. Terus, ELO ngelewatin bara apinya itu gak Mif? Terus, mimpi yang LO sebutin apa? Share dong qaqa.

    Anyway, itu celana fisip-nya siapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah ditanya, because I am a strong girl... gak mau sesumbar aja.
      Mimipi gue?
      Jadi Ibu dari anak-anaknya dia :')

      Punya dugong.

      Delete

Subscribe